Sejarawan Ungkap Alasan Jokowi Jadikan 1 Juni Hari Pancasila

https://pusatjudionline99.blogspot.com/
Sumbernews99.blogspot.com - Berita Hot Sejak 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 1 Juni sebagai Hari kelahiran Pancasila. Bangsa Indonesia pun secara resmi memperingati Hari Pancasila sejak ditetapkan oleh Presiden Jokowi.

Sejarawan Asvi Warman Adam mengatakan, alasan Jokowi akhirnya menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Menurutnya, Jokowi ingin seluruh masyarakat Indonesia mengetahui asal usul dari Pancasila yang menjadi ideologi dan dasar negara Indonesia.

Asvi menjelaskan penetapan hari lahir Pancasila merupakan suatu hal yang sangat dinantikan sejak 47 tahun lalu. Sebab, pada zaman orde baru melarang adanya peringatan hari lahir Pancasila.

"Karena tahun 1970, 47 tahun yang lalu, itu sebuah lembaga yang tentunya inkonstitusional. Tapi tentunya sangat berkuasa pada orde baru itu melarang peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni. Sepanjang orde baru kita tahu larangan-larangan itu masih berlaku," kata di.

Peneliti LIPI itu menuturkan, Pancasila sesungguhnya disahkan pada 18 Agustus 1945. Namun, rangkaian pembuatan rumusan Pancasila sehingga menjadi lima poin seperti sekarang, ditentukan pada 1 Juni hingga 18 Agustus 1945.

"Pancasila yang kita kenal disahkan pada tanggal 18 Agustus itu adalah yang seperti sekarang ini. Tapi rangkaiannya itu dari tanggal 1 Juni sampai 18 Agustus," ujar dia

"Sementara itu tanggal 18 Agustus, ditetapkan sebagai hari konstitusi, hari lahirnya UUD tahun 1945. Itu sebabnya 1 Juni itu dikatakan sebagai hari lahirnya Pancasila," imbuh Asvi.

berita aktual, berita indonesia, berita news, Berita olahraga, berita pagi, berita top, berita update
Sumber : Liputan6

Komentar

Postingan populer dari blog ini