Fadli Zon: Jokowi 'One Man Show', Kadang Presiden, Gubernur, Tukang Bagi Sepeda

https://pusatjudionline99.blogspot.com/
Berita Indonesia Terpercaya - Berita Hot - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengkritik Presiden Joko Widodo yang kerap terlihat beraksi sendirian atau one man show.


Padahal, Fadli menilai, Jokowi seharusnya bertindak sebagai "dirijen" yang mengatur irama.

"Pak Jokowi ini one man show. Jadi dia bertindak sebagai Presiden, kadang-kadang gubernur, kadang-kadang bupati, wali kota, manajer, mandor si proyek, sampai tukang bagi-bagi kaus, sepeda, bagi-bagi kartu," ujar Fadli dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Hal ini, menurut dia, menjadi persoalan besar karena menyangkut kepemimpinan. Jokowi dinilainya tak bisa memainkan peran menteri-menteri kabinet.

Politisi Partai Gerindra itu menilai, tak ada upaya kolektif yang dilakukan untuk mengoptimalisasikan peran dari menteri dan birokrasi yang begitu besar. Jokowi menjadi terkesan bekerja sendirian.

Bahkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla, menurut dia, kerap tak dilibatkan.

Situasi ini, kata Fadli, berbeda dari pemerintahan periode-periode sebelumnya, terlebih pada era orde baru.

Para menteri di era itu, kata Fadli, lantang bicara di bidangnya sesuai kompetensinya.

"Kompetensi ini yang menurut saya diambil alih. Baik berhasil maupun tidak berhasil, akhirnya yang kena dampak langsung presiden karena presiden seolah-olah mengambil alih semua pekerjaan dan ini menurut saya menjadi masalah," tuturnya.

Hal itu tak dibantah oleh Politisi PDI Perjuangan, Effendy Simbolon. Namun, ia menilai hal itu wajar karena pada awal-awal pemerintahan, para menteri lah yang lebih banyak tampil.

Terlebih sejumlah menteri berasal dari partai politik.

"Jadi kalau sekarang Jokowi keluar, wajar saja," kata Effendy.





Sumber : Kompas

Berita Terkini, Berita Terpercaya, Berita Akurat, Berita Aktual, Liputan Terkini, Liputan Terupdate, Liputan Terpercaya, Berita News, Berita Politik, Berita Pagi, Berita Terkini, Berita Top, Berita Update, Berita Aktual, Berita Indonesia, Berita Olahraga, Berita Dalam Negeri, Berita Luar Negeri


Komentar

Postingan populer dari blog ini